Jalan-Jalan ke Mars Lewat Web




Lembaga antariksa AS NASA bekerjasama dengan raksasa peranti lunak Microsoft meluncurkan sebuah website interaktif yang memungkinkan para peselancar dunia menjelajahi planet Mars.

Website bernama 'Be a Martian' ini mengundang para pengakses untuk membantu ilmuwan menyelesaikan berbagai tugas riset guna menambah referensi ilmiah mengenai planet merah tersebut.


"Kita berada pada titik sejarah dimana setiap orang bisa menjadi penjelajah luar angkasa," kata Director of Mars Exploration Program di NASA Doug McCuistion, seperti dikutip dari Times of India, Jumat (20/11/2009).

"Dengan banyaknya data hasil misi Mars yang bisa diakses siapa pun, menjelajah Mars kini telah menjadi seperti usaha bersama yang dilakukan manusia," tambahnya.

Sebagai contoh, pengguna bisa menghitung jumlah kawah yang ada di Mars. Padahal menurut NASA, di masa lalu tugas ini sangat menantang karena melibatkan angka yang sangat besar.

Website ini juga menghadirkan fitur 'Virtual Town Hall' dimana pengguna bisa mengajukan berbagai pertanyaan tentang Mars dan akan dijawab oleh ahli Mars.

Hal lain yang tak kalah menarik, situs Be a Martian membuka kesempatan bagi para pengembang peranti lunak independen untuk berkreasi. Microsoft menyediakan hadiah bagi para pengembang yang bisa menciptakan perangkat penyedia akses citra Mars untuk kepentingan online, pengajaran di kelas, serta misi Mars.



 http://haxims.blogspot.com/2009/11/jalan-jalan-ke-mars-lewat-web.html#ixzz0b0KTUHRY


0 comments:

Post a Comment