Google Chrome OS


google chrome logo

Saat ini penggunaan web browser adalah hal dominan dari kegiatan anda memakai komputer. dimana chatting, mengirim atau menerima email, mendengarkan lagu, memutar film, belanja, bermain game komputer, membaca berita, membuat dokumen dan kegiatan bersosialisasi lainnya dilakukan dengan web browser untuk mengakses layanan yang ada di internet.

Dimana semua kegiatan itu membuat web browser menjadi software yang penting dalam komputer anda, jika di runut dari sebuah web browser diciptakan tahun 90-an web browser hanya menyajikan berita berupa teks, gambar ataupun link, kini web browser kaya akan media seperti audio, video, peta dunia yang interaktif, mengolah gambar secara realtime, hingga mewadahi bersosialisasi dengan kerabat kita meskipun terpisah benua.

Trend pendayagunaan web browser kini disebut dengan web 2.0, website adalah platform dimana semua media dapat dimainkan.

Penggunaan OS kini hanya menjadi media dalam sebuah aplikasi di install(pasang), bayangkan jika kita hendak membuka email, berapa lama waktu yang kita perlukan saat menekan tombol power hingga masuk ke desktop lalu waktu yang diperlukan kembali untuk membuka web browser, menunggu web browser terbuka , memasukan alamat lalu username dan password tampaknya memerlukan waktu bermenit-menit.

Bandingkan dengan anda dapat membuka email lewat komputer anda kurang dari 1 menit, bahkan diklaim membuka web browser hanya mekan waktu 7 detik dihitung saat menekan tombol power, tentu saja hal ini sangat menyenangkan.

Terlebih lagi web browser itu adalah sebuah OS, Google kini mengembangkan proyek disebutGoogle Chrome OS, dimana web browser adalah sistem operasinya menyajikan kecepatan, desain yang elegan, dan berkomputer yang aman memberikan pengalaman baru bagi anda yang menghabiskan waktu dengan internet.

Tak perlu khawatir akan data-data yang tersimpan dikomputer, simpan saja di internet. Dokumen seperti file presentasi, word, excel dan file lainnya dapat di simpan di google apps.

Saat ini banyak layanan internet yang mewadahi data anda tersimpan diinternet, tak perlu khawatir akan kehilangan data saat notebook anda dirampok, atau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Ć¢€œPada dasarnya, ini adalah mesin untuk browsing websiteĆ¢€ Ujar Vice President of Product Management Chrome Google Sundar Pichai seperti dikutip dari Reuters, Minggu (22/11/2009).

Kelebihannya adalah Chrome OS ini adalah Open Source, anda dapat menggunakaannya secara gratis, bahkan source code dapat di unduh cuma-cuma untuk kepentingan belajar maupun pengembangan.

desain desktop google chrome os

Untuk tanggal rilis publik, Google menyebutkan, peranti lunak ini akan segera hadir pada perangkat netbook murah yang sesuai dengan spesifikasi hardware Google di musim liburan 2010.

Sambil menunggu rilis kita bisa lihat video tentang Chrome OS







0 comments:

Post a Comment